Cara Instalasi LNB 4in1

1. Langkah pertama adalah siapkan perangkat LNB 4in1 dan Antena Jaring yang sudah di rakit. Antena yang digunakan adalah minimal 7 Feet.

2. Rakit Piringan tersebut dari 2 bagian menjadi 1 menggunakan plat yang sudah disediakan. Terlihat pada Gambar dibawah ini dari sisi sebelahnya tidak menggunakan plat. Plat tersebut sebenarnya disediakan 2 tapi hanya 1 saja yang kita pakai. Karena dari sisi sebelahnya yang mengunci adalah tiang lnb.

3. Pasang 4 tabung LNB tersebut kedalam piringan yang sudah dirakit menjadi 1 bagian.

4. Pasang LNB tersebut ke tiang Fokus LNB. Terlihat pada Gambar dibawah terdapat keterangan jarak untuk pertiap Tabung lnbnya.

Jarak Antara Palapa dan Telkom 4 adalah 1Cm.

Jarak Antara Telkom 4 dan Asiasat 7 adalah 1Cm.

Jarak Antara Asiasat 7 dan Asiasat 5 adalah 2Cm.

5. Setelah LNB Terpasang pada Antena dan Kabel yang menghubungkan antara LNB dengan Receiver. Saatnya untuk mencari sinyal. Pertama kali yang kita lakukan adalah mencari garis sejajar satelit mulai dari Palapa sampai dengan Asiasat 5. Tutorial kali ini menggunakan LGSAT STARS.

Ubah settingan diseqc Palapa menjadi port 3 untuk mencari garis sejajar satelitnya.

Pointing Antena sampai mendapatkan sinyal di Palapa.

6.  Setelah palapa mendapatkan sinyal, sekarang geser Antena tersebut kearah Telkom 4 berhubung garis bujur Telkom 4 adalah 108.0 maka posisi satelit Telkom berada di atas palapa. Ikuti langkah sebelumnya ubah setingan diseqc Telkom 4 menjadi Port 3. Jika Pointing Antena sudah pas dan sejajar, Antena tidak perlu diubah settingan Deklinasinya. Hanya tinggal menggeser Antena dari Posisi Timur ke Barat. Secara Otomatis maka satelit Palapa, Telkom 4, Asiasat 7 dan Asiasat 5 akan mendapatkan sinyal ketika antena di geser.

7. Geser Antena tersebut kearah barat untuk mendapatkan satelit Asiasat 7 . Dan jangan lupa untuk ubah setingan diseqcnya. Cari Sinyal terkuat untuk mempermudah mendapatkan sinyal.

8. Setelah satelit Asiasat 7 didapatkan, sekarang Geser Antena tersebut untuk mendapatkan sinyal satelit Asiasat 5. Karena posisi satellite tersebut berada diatas Satelit Asiasat 7 dengan garis bujur 100.5.

9. Jika sudah semua mendapatkan sinyal dengan hanya menggeser antena saja tidak perlu untuk mengubah kemiringan antena tersebut bisa dikatakan LNB dan Posisi antena sudah garis sejajar satelit. Sekarang Ubah settingan Diseqc Palapa menjadi Port 1, Telkom 4 menjadi Port 2, Asiasat 7 menjadi Port 3 dan Asiasat 5 menjadi Port 4. Setelah semua satelit diubah setingan Diseqcnya. Sekarang geser Antena kearah barat untuk mendapatkan sinyal di satelit Palapa.

Jika Posisi Jarak dari ke 4 LNB tersebut pas, Maka dari keempat satelit tersebut akan didapat.

10. Satelit Telkom 4 posisi di Port 2.

11. Satelit Asiasat 7 posisi di Port 3.

12. Satelit Asiasat 5 posisi di Port 4.

13. Berikut adalah gambar Posisi Kemiringan Antena tersebut menggunakan LNB 4in1.

by :

4 thoughts on “Cara Instalasi LNB 4in1

  1. mantap om semoga bermanfaat insyaallah dicoba om.
    oia om apa teori tdak menghambat dengan sellun bergantinya satelit om?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *